Sebelum ke Dokter, Ini Cara Terbaik Obati Sakit Gigi Berlubang

ARASYNEWS.COM – Sakit gigi merupakan salah satu keluhan yang sering dialami banyak orang. Ada banyak penyebab timbulnya sakit gigi, salah satunya adalah gigi berlubang.

Penyebab berlubangnya gigi oleh adanya pembusukan di bagian gigi, hasil dari penumpukan makanan dan bakteri.

Dan Streptococcus mutans adalah sejenis bakteri yang diketahui berperan dalam pembusukan ini. Jika hal ini sudah terjadi, rasa sakit dan nyeri pada bagian gigi serta mulut pun tidak bisa terhindarkan.

Tentu saja cara mengobati gigi berlubang adalah dengan pergi ke dokter gigi. Namun, jika kamu belum sempat ke dokter gigi, ada beberapa cara mengobati gigi berlubang di rumah yang bisa dilakukan.

Dilansir dari laman WebMD, ada beberapa cara mengobati gigi berlubang di rumah. Dengan memperkuat enamel gigi pada tahap pra-rongga atau dikenal remineralisasi dan mencegah pembentukan rongga.

Oil pulling, adalah alternatif kuno yang menggunakan satu sendok minyak wijen atau minyak kelapa yang dioleskan pada bagian gigi yang sakit dan dimuntahkan kembali. Metode ini dinilai bisa menarik dan mengurangi jumlah plak dan bakteri sama seperti obat kumur. Gel gigi lidah buaya, dinilai bisa melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Akar licorice, juga memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu mengobati gigi berlubang.

Disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung asam fitat karena dapat merusak enamel gigi, dan juga makanan atau minuman yang manis-manis.

Selain itu, mengkonsumsi vitamin D bisa menjadi cara mengobati gigi berlubang di rumah. Vitamin D bisa membantu memperkuat enamel gigi. []

You May Also Like