Wisata Edukasi Padang Mengatas Dibuka saat Libur Idul Fitri dan Gratis

ARASYNEWS.COM – Pada momen libur lebaran tahun ini, Mini Ranch Sijawi yang dikelola BPTU-HPT Padang Mengatas di Kota Payakumbuh bisa menjadi salah satu tempat liburan keluarga, yang mulai hari pertama Idul Fitri Rabu (10/4) hingga Senin (16/4). Tempat wisata edukasi ini juga dibuka secara gratis.

“Tahun ini kami perdana buka untuk umum pada libur Idul Fitri. Kami buka mulai hari pertama Idul Fitri Rabu, 10 April 2024 sampai Senin, 16 April 2024 mulai pukul 08.00-16.00,” kata Sub Koordinator Informasi dan Produksi Multiviza Muslim, dalam keterangannya.

Dikatakannya, masyarakat dari berbagai daerah diperbolehkan berkunjung ke kawasan Padang Mangatasi ini hanya sampai Mini Ranch Sijawi saja. Selain itu untuk masuk lebih jauh harus melalui surat resmi.

“Saat sudah berada di depan gerbang masuk, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk hanya perlu mengisi nama di buku kedatangan, asal dari mana dan formulir di internet, serta memperlihatkan kartu tanda penduduk (KTP),” terangnya.

Track perjalanan menuju lokasi Mini Ranch Sijawi adalah jalan setapak berbatu kerikil yang kiri kanannya sudah diberi kawat.
Sepanjang perjalanan, ada fasilitas gazebo, jembatan kecil dan outlet minuman yang dapat dimanfaatkan pengunjung.

“Hal menarik yang disuguhkan kepada pengunjung ialah beberapa hewan ternak sapi di lepas di savana padang rumput hijau sehingga pengunjung bisa mendekat untuk melihat. Ini menjadi edukasi juga bagi pengunjung apalagi yang membawa anak-anak karena bisa memperkenalkan bentuk dan jenis sapi lokal maupun luar,” terang dia.

Masih diterangkannya, di dalam area Mio Ranch dibekali fasilitas papan edukasi yang menjelaskan keterangan soal sapi atau jawi

“Area ini juga cocok untuk pengunjung berswafoto bersama keluarga,” imbuhnya

Kawasan ini, dapat menjadi momen indah libur lebaran bagi pengunjung dari berbagai daerah, dan dapat mengenal lebih dekat sapi dan area yang instagramable. []

You May Also Like