Jadi Spot Wisata Eks Kapal Perang di Pantai Pauh

ARASYNEWS.COM – Satu spot wisata di pantai Pariaman yang dapat dikunjungi adalah eks kapal KRI Teluk Bone 511 yang ada di pantai Pariaman, provinsi Sumatera Barat.

Eks kapal perang itu kini jadi ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah untuk berswafoto.

Dalam keterangan Pj Wali Kota Pariaman Roberia, mengatakan, eks kapal itu dibawa dari Surabaya ke kota Pariaman dengan anggaran Rp 2 miliar.

Terdamparnya kapal itu yang seakan tidak terurus karena tali atau rantai pengikat kapal yang terputus

Saat ini, pemerintah kota Pariaman berencana akan mengambil langkah untuk mengatasi hal tersebut dan nantinya dapat menjadi spot wisata.

“Kita tengah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya guna mengambil kebijakan perihal kapal itu,” dalam keterangannya yang dikutip.

Masyarakat di kawasan pantai mengatakan perihal tali pengikat yang putus karena cuaca angin kencang yang kerap melanda di daerah itu.

Diketahui sebelumnya, keberadaan kapal KRI Teluk Bone ini sempat menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat Pariaman.

Pasalnya kapal hibah tersebut ditarik dari Surabaya ke Pariaman menelan anggaran hingga mencapai Rp2 milIar oleh Genius Umar, Walikota Pariaman ketika itu.

Genius menyebut keberadaan kapal ini penting guna memberikan edukasi kepada masyarakat perihal semangat juang para pahlawan pada masa kemerdekaan. Sehingga kapal ini nantinya akan dijadikan museum dan edukasi.

Namun beberapa pihak menilai kapal ini tidak begitu dibutuhkan mengingat keuangan Pemko Pariaman tengah mengalami defisit.

Eks Kapal Perang ini mempunyai panjang 100 meter dan lebar 15 meter ini, di perairan Kota Pariaman, tepatnya di depan Pantai Pauh, tempat akan diletakkannya lokasi kapal ini. Dan sebelumnya berjarak sekitar 50 meter dari bibir pantai diikat tali penahan dan jangkar.

Rencananya, Eks Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Bone 511 yang akan dijadikan Museum Bahari.

Dengan keberadaan eks kapal KRI Teluk Bone 511 di Kota Pariaman ini dapat menyatakan Kota Pariaman adalah Kota Maritim yang ada di Indonesia, dan satu-satunya di Indonesia yang mempunyai Eks Kapal Perang yang akan dijadikan museum bahari, sebagai edukasi bagi generasi yang akan datang.

Kota Pariaman memiliki sejarah terkait Angkatan Laut (AL). Pada tahun 1946 diketahui, Kota yang terletak di pesisir Pantai Sumatera Barat ini telah menjadi Markas Komando Tentara Kemanan Rakyat (TKR) Laut Sumatera Tengah, yang dikenal sebagai Markas AL Pangkalan Besar Pariaman.

Selain itu, diujung muaro Pariaman, juga telah dibangun Monumen TNI AL.

Ditambah dengan adanya eks KRI Teluk Bone 511 ini yang dijadikan museum, maka akan semakin menguatkan bahwa Kota Pariaman merupakan sebagai Kota Maritim di Indonesia, serta dapat sebagai wisata sejarah yang dapat dilestarikan kepada generasi selanjutnya. []

You May Also Like