Jembatan dan Jalan di Silaing Kariang Penghubung Kota Padang – Padang Panjang dan Bukittinggi Retak

ARASYNEWS.COM – Salah satu jembatan di kawasan Lembah Anai alami kerusakan dan retak. Jembatan ini berada di pendakian Silaing Kariang, kabupaten Tanah Datar, dekat pos polisi.

Adapun retak pada jembatan tersebut akibat derasnya arus air sungai karena curah hujan yang cukup tinggi di kawasan Lembah Anai.

Kapolres Padang Panjang AKBP Donny Bramanto melalui Kanit Kamsel Aipda Denni Irya, pada Kamis (21/12/2023), menginformasikan, bahwa kerusakan yang terjadi adalah pada pondasi bangunan jembatan dan jalan.

“Hasil pemantauan, dibagian bawah jalan dan jembatan yang ada di dekat aliran sungai terlihat ada bagian tembok yang tergerus aliran sungai. Adapun saat ini arus sungai cukup deras,” terangnya, Kamis (21/12).

Disisi lain, terkait terganggunya jembatan dan jalan pada titik tersebut, Kasat Lantas Iptu Afrizal Sahar, telah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk memasang rambu-rambu sebagai petunjuk dan tanda kepada pengendara yang melintas.

Pemasangan yang dibuat adalah dengan memasang barrier dan trafficcone, serta petunjuk lainnya.

Ia mengatakan, hal ini dilakukan agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengendara agar terhindar dari kecelakaan.

“Saya berpesan kepada seluruh pengendara untuk saling menghargai satu sama lain sebagai sesama pengguna jalan dan mengikuti rambu-rambu petunjuk jalan di kawasan Lembah Anai,” kata Kasat Lantas

Ia juga mengatakan, untuk kawasan Lembah Anai, kerap terjadi longsor dan jalan bahu jalan yang terban. Dan pengguna jalan diimbau agar waspada dalam melintas baik pada siang dan malam hari, terutama saat musim penghujan seperti saat ini.

Disisi lain, jembatan yang juga mengalami kerusakan adalah pada jembatan lama di Puncak Kiambang, kabupaten Padang Pariaman tidak jauh dari Sicincin juga mengalami kerusakan. Kerusakan telah terjadi sejak bulan November 2023 kemarin.

Kerusakan ini adalah pada tiang penyangga jembatan yang bergeser akibat derasnya aliran air. Alhasil jembatan tidak dapat dilalui kendaraan dari dua arah, yakni dari kota Padang menuju Padang Panjang dan Bukittinggi, juga sebaliknya. Dan kendaraan yang melintas adalah melalui jembatan baru yang berada disebelahnya. []

You May Also Like