Menag Larang Kegiatan Takbir Keliling Diujung Ramadhan Tahun ini

ARASYNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah RI untuk tahun 2021 ini banyak melarang kegiatan dan aktivitas masyarakat. Dan selain mudik, pemerintah melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas juga menyampaikan larangannya untuk kegiatan takbir keliling menjelang Idul Fitri tahun ini.

Menag menyebutkan, kegiatan ini hanya boleh dilakukan di dalam masjid atau mushalla pada penghujung bulan Ramadhan.

“Takbir keliling kita tidak perkenankan, silakan takbir dilakukan di dalam masjid atau musala,” kata Yaqut sebagaimana dilansir laman resmi sekretaris kabinet, Senin (19/4/2021).

Larangan itu, kata Menag, ditujukan untuk mencegah penularan Covid-19 akibat kerumunan yang terjadi saat takbir keliling. Dia menekankan bahwa hukum menjaga keselamatan adalah wajib bagi ummat Islam.

“Sekali lagi, bahwa dalil mendahulukan keselamatan itu adalah wajib, harus lebih diutamakan daripada mengejar kesunahan yang lain” ujar Menag.

Selain itu, takbir yang dilakukan di masjid-masjid juga harus mematuhi protokol kesehatan. Masjid yang digunakan untuk kegiatan itu hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitas yang ada. Seperti halnya ibadah lainnya yang dilakukan.

“Ibadah-ibadah sunah di bulan Ramadhan seperti salat tarawih, iktikaf, diperbolehkan tapi dengan pembatasan 50 persen dari kapasitas masjid atau mushalla. Itupun hanya bisa dilakukan di zona hijau dan zona kuning, untuk merah dan oranye tetap tidak ada pelonggaran,” tukas Menag Yaqut.

Untuk penertiban lainnya saat malam takbiran nanti, ia menyerahkan kepada masing-masing kepala daerah dan instansi-instansi terkait. []

You May Also Like