Jubir Gubri Luruskan Maksud Gubernur Riau Terkait Warga Sumbar dan Sumut Bawa Covid-19 ke Riau

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Juru Bicara Gubernur Riau Raja Hendra Saputra meluruskan pemberitaan yang menyebut, bahwa warga Sumbar dan Sumut sebagai penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Riau.

Kepada wartawan, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau itu menjelaskan bahwa berita tersebut, bisa menimbulkan salah paham di tengah masyarakat.

“Saya hadir saat konferensi pers Bapak Gubernur pada Hari Rabu Tanggal 11 Agustus 2021 di Gedung Daerah, setelah rapat koordinasi Satgas Covid-19 bersama Forkopimda, Bupati/Wali kota se-provinsi Riau dan Satgas Oksigen. Tidak ada sepatah katapun, pak Gubernur menyampaikan bahwa warga Sumbar dan Sumut penyebab Covid-19 di Riau,” ungkap Hendra, dalam keterangan yang dikutip pada Jum’at (13/8/2021).

“Yang disampaikan Bapak Gubernur, adalah Keputusan Pemerintah Pusat yang menetapkan PPKM Level 4 Pekanbaru, Dumai, Siak dan Rokan Hulu. Oleh Sebab itu, Satgas melakukan penyekatan di daerah perbatasan Riau dengan Sumbar, Jambi dan Sumatera Utara,” terang dia.

“Jadi, upaya ini dilakukan karena ada tren, meningkatnya warga yang datang dari Sumbar dan Sumut melalui jalur darat, karena melalui udara (pesawat) tidak ada. Makanya perlu penyekatan untuk membatasi mobilitas masyarakat,” sebut Hendra.

“Jadi, bukan warga Sumbar dan Sumut yang datang ke Riau ini penyebab meningkatnya Covid-19, tapi Satgas membatasi mobilitas masyarakat. Makanya perlu kita luruskan, supaya masyarakat tidak salah paham,” ujar Hendra.

Gubernur, lanjut Hendra, menyampaikan kepada daerah yang Level 3 agar tetap meningkatkan kewaspadaan, pengawasan yang ketat, menyampaikan protokol kesehatan kepada masyarakat dan membatasi mobilitas masyarakat agar bisa mengendalikan penularan Covid-19. []

You May Also Like