Dinkes Sebut, Vaksin Berbayar Telah Mulai Diberlakukan di Kota Pekanbaru

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru melalui Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra, mengungkapkan vaksin berbayar sudah mulai diberlakukan di Kota Pekanbaru. Hanya saja, vaksin ini bagi karyawan atau pekerjaan perusahaan padat karya.

“Vaksin berbayar sudah ada berlaku di kota Pekanbaru. Namun, vaksin berbayar itu sektor penggeraknya bukan kami, tapi Kamar Dagang Industri Indonesia (KADIN),” kata Arnaldo Eka Putra, dalam keterangannya, Rabu (14/7/2021).

Ia mengatakan, perusahaan-perusaahan padat karya itu adalah seperti PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) atau Surya Dumai Group yang berurusan ke KADIN terkait vaksinasi.

Dan untuk prosesnya, Kadin membeli vaksin ke Bio Farma untuk dipergunakan perusahaan bagi karyawannya. Lalu Bio Farma yang menunjuk fasilitas kesehatan yang melaksanakan vaksinasi di Kota Pekanbaru.

Dikatakan Arnaldo, karyawan-karyawan yang sudah divaksin tersebut akan terdata. Karyawan tersebut bisa saja disuruh membayar vaksin yang telah disuntikkan sebelumnya.

Selain itu, diakuinya, saat ini karyawan dan masyarakat umum belum terdata semua meskipun sudah divaksinasi. Dan jika sudah terdata, maka data karyawan perusahaan padat karya akan muncul kode VGR atau Vaksin Gotong Royong.

Ia juga mengungkap, saat ini ketersediaan vaksin menjadi salah satu kendala untuk melakukan percepatan vaksinasi. Vaksin yang diajukan ke pemerintah pusat belum terpenuhi secara keseluruhan. []

You May Also Like