Biasanya Dilaksanakan di Kampar, Kini Acara Bagholek Godang Dipusatkan di Pekanbaru

ARASYNEWS.COM – Bagholek Godang biasanya dilakukan masyarakat di Kabupaten Kampar di wilayahnya. Akan tetapi kali ini dilaksanakan di kota Pekanbaru yang dipusatkan di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Jalan Jenderal Sudirman kota Pekanbaru, Kamis, 9 Mei 2024.

Perhelatan acara ini menjadi ajang silaturahmi masyarakat. Dan meski cukup jauh dijangkau masyarakat di kabupaten Kampar, tetapi acara ini diklaim berjalan sukses.

Ada sekitar ribuan masyarakat datang menghadiri ajang silaturahmi ini. Bahkan Pj Bupati Kampar Hambali juga telah memfasilitasi tiap pihak kecamatan agar dapat memobilisasi massa untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Diketahui, instruksi oleh Pj Bupati Kampar ke setiap camat agar mengerahkan massa tersebut tertuang dalam surat bupati yaitu nomor 4006/DPK-Set/240 tertanggal 2 Mei 2024. Adapun isi dari surat itu meminta camat dan perangkat daerah beserta masyarakat untuk memeriahkan acara Bagholek Godang di GOR Pekanbaru.

“Tentunya kami masyarakat Kamar sangat mendukung acara Bagholek Godang ini. Hanya saja yang dipertanyakan, kenapa harus di Pekanbaru digelar. Dalam hal ini ada intruksi Pj Bupati Kampar minta tiap kecamatan mengerahkan massa pada acara ini,” ungkap salah seorang pemuda, Rio Ahmad, Kamis (9/5)

Yang juga mengherankan adalah asal anggaran mobilisasi massa dari Kampar ke Pekanbaru yang difasilitasi camat atau perangkat desa yang tidak transparan

“Apa untuk mengerahkan massa ke acara Bagholek Godang masyarakat Kampar ini di Kota Pekanbaru, ada anggaran diberi Pemkab melalu APBD atau dari anggaran lainnya. Hal mengerahkan massa itu tentu dibutuhkan biaya yang cukup besar dari kecamatan ini dengan total ada 250 desa,” terang dia.

Disisi lain, jika dilaksanakan di kabupaten Kampar, tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melibatkan UMKM-UMKM yang ada di Kampar.

Dilansir dari berbagai sumber, diketahui menjelang digelarnya agenda Bagholek Godang Masyarakat Kampar, beredar proposal meminta bantuan dari panitia pelaksana. Hal itu dicantumkan anggaran dibutuhkan yaitu Rp488.095.000. Proposal pengajuan bantuan itu digunakan untuk kegiatan Bagholek Godang.

Bahkan yang menimbulkan pertanyaan adalah diduga menjadi ajang perhelatan politik Pilkada Pekanbaru dan Gubenur.

Meski terjadi kontraversial, namun Bagholek godang ini juga tetap berlangsung hikmat, dan tokoh-tokoh Kampar juga turut hadir dalam perhelatan acara Bagholek Godang ini.

Selain itu, informasi yang dirangkum ketika di lapangan (ditengah masyarakat), bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kampar ini diinstruksikan Pj Bupati Kampar Hambali, untuk dapat membawa Jambau, yang dimanfaatkan untuk makanan dengan Bajambau. []

You May Also Like