Bersiap Untuk Diperpanjang, Tapi Masih Menunggu Instruksi Presiden

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau Syamsuar belum bisa memastikan apakah dilanjutkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Kota Pekanbaru ataukah tidak.

Dikatakan Syamsuar, dirinya masih menunggu arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Pasalnya, penerapan PPKM level 4 di Pekanbaru yang telah diberlakukan sejak 26 Juli tersebut akan berakhir hari ini, Senin (2/8/2021).

“Saya akan menghubungi pusat dulu untuk perpanjangan PPKM ini, karena saya dapat informasi dan menunggu petunjuk dari bapak Presiden dulu. Tapi sampai saat ini, belum tahu nih apakah diperpanjang atau tidak,” kata Gubri di Balai Pelangi, Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (2/8/2021) siang.

Sehingga, Gubri pun belum bisa memastikan apakah PPKM di Pekanbaru diperpanjang ataukah justru sudah bisa turun level. Begitu juga dengan status PPKM pada sebelas kabupaten/kota lainnya di Riau.

“Kita tunggu saja, apakah PPKM diperpanjang dan apakah ada daerah yang sudah turun level,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, ditetapkannya PPKM level 4 untuk kota Pekanbaru adalah karena meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19, dan bahkan sejak diberlakukannya aturan ini, kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan dan bahkan mencapai tambahan ratusan perharinya, dan sedangkan untuk Riau terdata ribuan.

Akibat kasus penambahan inilah yang membuat berbagai pusat ibukota provinsi masuk dalam kategori zona merah atau beresiko.

Disisi lain, Gubernur Riau mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemko Pekanbaru telah bersiap jika dilakukan perpanjangan PPKM Level 4 ini. []

You May Also Like