Saat Pengambilan BST, Masyarakat Dibubarkan Petugas

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Masyarakat mulai hari kemarin, Kamis (29/7/2021) telah melakukan pengambilan penyaluran bantuan sosial tunai (BST) dan beras disejumlah tempat yang disediakan Pemko kota Pekanbaru.

Hanya saja pada hari ini, Jum’at (30/7/2021), masyarakat di salah satu lokasi dibubarkan satgas Covid-19 saat lakukan pengambilan bantuan dari pemerintah.

Hal ini dikarenakan satgas Covid-19 mengkhawatirkan terjadinya kerumunan dan mengindahkan protokol kesehatan yang menyebabkan terjadi penyebaran Covid-19, terutama saat penerapan PPKM level 4 di kota Pekanbaru.

Salah satu aturan dalam surat edaran (SE) nomor 16/SE/SATGAS/2021 bahwa tidak diperbolehkan berkerumun saat penerapan PPKM level 4.

Dalam keterangannya, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya mengatakan, kerumunan pembagian BST di Kantor Lurah Tangkerang Timur tersebut sudah ditertibkan dan dibubarkan langsung oleh Kapolsek Tenayan Raya.

“Sudah ditertibkan. Terpaksa kami bubarkan. Ini untuk mencegah potensi kerumunan dan penularan Covid-19 mengingat Kota Pekanbaru sedang menerapkan PPKM level 4,” ucap Nandang, Jum’at (30/7/2021).

Masih dikatakan Nandang, bantuan untuk masyarakat yang menimbulkan kerumunan tersebut dikarenakan pihak panitia tidak berkordinasi dengan Camat setempat.

“Panitia tidak berkoordinasi dengan Lurah dan Camat setempat, sehingga pembagian bantuan kepada masyarakat menimbulkan kerumunan,” sebut dia.

Sementara itu Kapolsek Tenayan Raya AKP Manapar Situmeang yang membubarkan langsung pembagian BLT tersebut, menyebutkan panitia harus berkordinasi dahulu kepada Polsek setempat.

“Besok kalau mau pembagian seperti ini harus berkoordinasi dulu dengan Polsek. Ini ternyata panitia yang membuat kerumunan,” ucap Manapar. []

You May Also Like