PPKM Berlaku Selama 14 Hari, Satpol-PP Kerahkan 10 Personil Bantu Satgas di Dua RW Untuk Terapkan Sanksi

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro telah mulai dilaksanakan sejak Rabu (14/4/2021) kemarin, dan efektif mulai hari ini, Kamis (15/4/2021).

Ada dua Rukun Warga yang pergerakan masyarakatnya dibatasi, yakni di RW 06 di kelurahan Sidomulyo Timur, kecamatan Marpoyan Damai, dan RW 04 di kelurahan Tangkerang Timur kecamatan Tenayan Raya.

Kepala Satpol-PP kota Pekanbaru, Iwan Simatupang menyebutkan pihaknya mengerahkan sepuluh personil untuk pengawasan PPKM ini.

“Kita sudah siapkan sepuluh personil untuk mengawasi PPKM. Dibagi di dua RW. Ada lima orang personil di tiap RW wilayah PPKM yang bertugas,” kata Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Iwan Simatupang, Kamis (15/4).

Dirinya menyebut bahwa Satgas kelurahan sudah membuat posko di wilayah PPKM mikro. Pihaknya bersama aparat gabungan Polres dan Kodim siap membantu pengawasan.

“Untuk tugas utama kita serahkan ke Satgas Kelurahan, kita siap mendukung,” ujarnya.

Iwan menegaskan bahwa pelanggar dalam PPKM nantinya bakal mendapat sanksi. Mereka mendapat sanksi sesuai regulasi PPKM.

“Namun pemberian sanksi adalah opsi terakhir. Kita saat ini berupaya untuk menekan kasus di zona merah,” jelasnya.

PPKM mikro yang diberlakukan sesuai keputusan walikota Pekanbaru nomor 402 tahun 2021 yang mengacu pada instruksi menteri dalam negeri nomor 07 tahun 2021. Dimana penentuan zona merah bukan berdasarkan kelurahan, tapi parameternya adalah rumah. Di atas lima rumah yang penghuninya positif Corona menjadi zona merah.

Berbagai aturan selain pembatasan pergerakan orang, juga pelaksanaan kegiatan masyarakat lainnya, seperti pelaksanaan ibadah shalat Tarawih di masjid/musholla.

Hasil rapat tentang penjelasan dan sosialisasi yang diikuti pemerintah kota Pekanbaru bersama forkopimda, camat dan lurah, serta Kodim, Polres, dan Kemenag, menetapkan pergerakan orang dibatasi mulai pukul 20.00 Wib hingga 06.00 Wib. Masyarakat dilarang berkumpul lebih dari tiga orang.

Dan pembatasan ini dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari 14 April hingga 17 Mei. Dan dievaluasi sekali dalam sepekan. []

You May Also Like