Istana Siak Dibuka Terbatas, Hanya Boleh 20 Menit Berkunjung

ARASYNEWS.COM, SIAK – Istana Siak di Kabupaten Siak resmi dibuka untuk pengunjung sejak Sabtu (18/9/2021) kemarin. Dibukanya istana ini langsung disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Siak Huzni Merza saat dirinya datang berkunjung diakhir pekan kemarin.

Namun, meskipun dibuka dalam rangkaian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini, tidak banyak masyarakat yang datang. Hal ini karena salah satu aturan yang disebutkan adalah pengunjung yang ingin masuk area istana harus telah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Selain itu juga wajib perlihatkan sertifikat vaksin.

Selain itu juga disebutkan, bagi pengunjung belum melakukan vaksinasi, dapat memperlihatkan hasil test antigen dengan keterangan negatif.

Ditambah lagi, pengunjung juga diwajibkan untuk mendownload aplikasi PeduliLindungi yang mana hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat kepada Pengelola Wisata, Penginapan, dan Kuliner.

“Sesuai Inmendagri, istana Siak diperbolehkan dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pengunjung yang ingin menikmati wisata Istana Siak diwajibkan untuk mendownload aplikasi PeduliLindingi,” ujar Huzni Mirza.

“Ini bukan hanya bagi pengunjung saja, tapi seluruh petugas dari istana Siak juga diwajibkan divaksin, dan bahkan pelaku usaha yang ada di lingkungan istana,” sambungnya.

“Ini diperlakukan sama, sehingga berwisata di tengah pandemi masyarakat tetap aman dan terhindar dari penularan virus Corona,” lanjutnya.

“Kita tidak ingin dengan dibukanya Istana Siak ini nanti malah terjadi lonjakan kasus,” terang Huzni.

Berdasarkan info dari http://web.siakkab.go.id/ Istana Siak Asserayah Al Hasyimiah dibuka kembali mulai tanggal 18 September 2021.

Jika mengunjungi Istana Siak, ada beberapa syarat yang harus di patuhi oleh pengunjung, yakni :

  1. Pengunjung anak-anak minimal berumur 12 tahun. Di bawah 12 tahun tidak diperbolehkan untuk masuk ke Istana Siak,
  2. Menunjukkan sertifikat vaksin/bukti bahwa sudah di vaksin,
  3. Wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, dan cek suhu tubuh sebelum masuk ke Istana,
  4. Pengunjung di sediakan 2 posko untuk ruang tunggu oleh petugas setempat. Yaitu posko A berada di luar kawasan Istana dan posko B berada di dalam kawasan Istana.
  5. Waktu mengunjungi Istana Siak terbatas, hanya boleh 20 menit untuk berkunjung ke dalam Istana Siak dan 15 menit untuk berkunjung ke dalam Istana Peraduan.

[]

You May Also Like