Sebelum Diresmikan Presiden, Tol Pekanbaru-Bangkinang Telah Makan Korban Dalam Kasus Lakalantas

ARASYNEWS.COM – Jalan tol Pekanbaru – Bangkinang akan diresmikan Presiden Jokowi pada Rabu (4/1/2023) siang ini. Jalan tol sepanjang 31 kilometer ini juga telah diberlakukan tarif per 25 Desember 2022 kemarin.

Jalan tol yang terletak di kabupaten Kampar ini menghubungkan kota Pekanbaru dan Bangkinang yang telah dibuka sebanyak dua kali untuk uji coba. Yakni pada libur lebaran 2022 untuk arus mudik dan arus balik. Dan pada bulan Desember 2022 sebelum libur Nataru untuk mengurai kemacetan lalu lintas.

Pembukaan ruas tol ini dilakukan pemerintah provinsi melalui Gubernur Riau bersama Polda Riau dan TNI, pihak Hutama Karya, pemerintah kabupaten Kampar, dan instansi terkait lainnya.

Meskipun belum diresmikan secara resmi oleh Presiden Jokowi, tapi jalan tol ini terdata telah menimbulkan kecelakaan dan kerugian puluhan juta rupiah, serta juga memakan korban.

“Untuk di Tol Pekanbaru-Bangkinang sudah ada 2 kasus lakalantas, meninggal dunia 1 orang dan luka ringan 4 orang,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Riau Kompol Irnanda Oktora dalam keterangannya.

Dikatakannya juga atas kejadian Lakalantas di Tol Pekanbaru-Bangkinang, kerugian materil yang ditimbulkannya senilai Rp20 juta.

Untuk diketahui, lakalantas yang pernah terjadi di ruas tol Pekanbaru-Bangkinang adalah pada Jum’at (23/12/2022) malam. Kecelakaan tersebut melibatkan satu unit mini bus berwarna abu-abu dengan nomor pelat kendaraan BA 7529 EU dan satu unit kendaraan MPV dengan pelat kendaraan BM 1583 OD.

“Lakalantas terjadi pukul 21.54 WIB. Kecelakaan terjadi di Km 31/700 jalur Ambon,” kata Kapolres Kampar AKBP Didik Pryo Sambodo, Sabtu (24/12) lalu.

Dikatakannya, kecelakaan itu mengakibatkan 1 orang penumpang minibus tewas setelah mendapatkan perawatan di RSUD Bangkinang dan 4 orang luka-luka.

“Di dalam mobil minibus ada 4 orang, 1 orang di antaranya meninggal dunia,” ujarnya.

Korban yang tewas yaitu Abasril (59) sebagai pengemudi mini bus. Dan 4 orang lainnya yakni penumpang mengalami luka-luka yaitu Rozali (53) Harli Netri (52), Eri yanti (48), Ilman Suhedi Amerti (33) pengemudi mobil Toyota Avanza BM 1583 OD.

Kapolres Kampar mengatakan, berdasarkan hasil penyelidikan, kecelakaan lalu lintas tersebut akibat kelalaian pengemudi mobil Isuzu minibus yang dikemudikan oleh Abasril dalam kecepatan tinggi mengalami pecah ban belakang sebelah kiri.

“Penyebab kecelakaan karena kelalaian dan kurang berhati-hatinya pengemudi mobil Isuzu minibus BA 7529 EU dengan kecepatan tinggi mengalami pecah ban sebelah kiri belakang. Sehingga mobil tersebut hilang kendali atau out off control sampai ban roda tersebut lepas dan menabrak pembatas jalan lalu lencer atau oleng sehingga Mobil terbalik arah kanan,” terangnya.

Bersamaan hal tersebut lanjut dia, datang dari arah yang sama mobil Toyota Avanza BM 1583 OD yang dikemudikan oleh Ilman Suhedi Amerti yang bergerak cukup kencang sehingga tidak terhindari dan bertabrakan dengan Mobil Isuzu Minibus yang sudah oleng terbalik tumbang arah kanan tadi sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Kendaraan terlibat kecelakaan mengalami kerugian materil dan Aset Tol mengalami kerusakaan jalan. Kasus kecelakaan lalu lintas itu telah ditangani Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kampar dan pihak pengelola Tol Pekanbaru-Bangkinang,” pungkasnya. []

You May Also Like