Sanksi Denda Pelanggar Prokes Pukul Rata, Walikota: Sudah Sesuai Aturan

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Pemerintah kota Pekanbaru telah menetapkan sanksi denda bagi pelanggar protokol kesehatan untuk PPKM level 4 ini sebesar Rp 500.000. Sanksi ini berlaku rata bagi tempat usaha dan perusahaan besar ataupun kecil.

Sanksi ini dinilai tidak seimbang bagi pelaku usaha dan perusahaan.

Meskipun begitu, Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan pemberlakuan ini sudah sesuai dengan aturan yang ia terbitkan, yaitu Perda Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perlindungan Masyarakat dari Penyebaran dan Dampak Covid-19.

Sebagai contoh, tempat hiburan besar dan terkenal yang pernah dikenakan sanksi hanya didenda Rp500 ribu. Kemudian razia yang digelar di kafe dan kedai kopi juga diberlakukan sama dengan pemberian denda sebesar Rp 500.000 oleh satgas penanganan Covid-19 kota Pekanbaru

“Sanksi bagi pelaku usaha sebesar Rp500 ribu sudah berdasarkan aturannya. Pemko Pekanbaru tidak bisa menambahi walaupun tempat usahanya besar ataupun kecil. Semuanya sama,” kata Walikota, Jumat (6/8/2021).

Agar pelaku usaha dan perusahaan tidak dikenakan sanksi denda ini, Firdaus mengimbau agar pelaku usaha dan pengunjung untuk tetap menjalankan aturan yang berlaku dalam prokes. Kata dia, pemerintah membutuhkan dukungan warga agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Karena jika masih ada kelompok masyarakat yang tidak mau mengerti, maka sia-sia kerja kita. Jika ada 10 persen saja warga yang tidak peduli, semua usaha kita tidak bisa maksimal,” tukasnya. []

You May Also Like