Polres Bukittinggi Perkenalkan GeNose C19, Akan Dimanfaatkan Disejumlah Tempat Umum

ARASYNEWS.COM, BUKITTINGGI – GeNose C19 menjadi alat yang dibutuhkan saat ini. Hal ini karena mampu cepat mendeteksi Covid-19 yang lebih cepat dan mudah.

GeNose C19 ini adalah singkatan dari Gadjah Mada Electronic Nose. Alat yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mampu mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas.

Alat ini telah hadir di Bukittinggi, dan perkenalan pertamanya dilakukan Kapolres Bukittinggi AKBP. Dody Prawiranegara, S.H., S.I.K., M.H pada Kamis (1/4/2021) kemarin.

Dody menyebutkan, alat ini menjadi hal yang diperlukan bagi personil Polres Bukittinggi, karena di masa pandemi ini personil rentan dapat terpapar virus karena kerap bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dody, mengatakan pengadaan alat GeNose C19 ini adalah sebagai bentuk merespon perintah Presiden terkait testing, tracing, dan treatment.

“Kita upayakan untuk pengadaan alat Genose C19 ini. Nantinya alat ini untuk awal akan digunakan terhadap pemeriksaan personil Polres, Kodim, Pol PP dan petugas dilapangan, serta bekerjasama dengan dinas kesehatan nanti alat tersebut juga kita bisa pergunakan untuk melakukan testing, tracing dan treatment kepada masyarakat yang dipilih secara acak dilokasi tertentu seperti lokasi wisata dan lokasi lainnya, hal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” terang Kapolres Bukittinggi.

Dalam perkenalan pertama di Bukittinggi, turut hadir Wakapolres Bukittinggi, Forkompinda Bukitttinggi, Para Kabag, Kapolsek Sejajaran Polres Bukittinggi, Walikota Bukittinggi yang diwakili Sekretaris Kadis Kesehatan Kota Bukittinggi, serta awak media.

“Apresiasi atas respon cepat Polres Bukittinggi mendatangkan alat GeNose C19. Karena dengan alat ini, dapat mendeteksi secara cepat seseorang terinfeksi covid-19 atau tidak, postif lemah atau positif kuat,” tambah Kadis Kesehatan Kota Bukittinggi dr. Vera.

Dinas kesehatan, dikatakan Vera, juga berencana akan menghadirkan GeNose C19 ini disejumlah tempat umum yang dianggap perlu. []

Sumber. HumasResBkt

You May Also Like