Pemandangan Langka Penyu Kawin Diabadikan Pengunjung dan Walikota di Perairan Pulau Angso Duo

ARASYNEWS.COM, PARIAMAN – Terlihat di perairan di dekat Pulau Angso Dua, Kota Pariaman, provinsi Sumatera Barat, sepasang penyu sedang melakukan proses perkembangbiakan. Satwa reptil amphibi ini terpantau sedang kawin.

Pemandangan ini menarik para pengunjung di daerah wisata tersebut. Banyak pengunjung yang mengabadikan penampakan momen langka itu dengan memfoto dan memvideokan. Kejadian langka ini terjadi pada Sabtu (15/5/2021) pagi.

Momen ini juga dipantau Walikota Pariaman, Genius Umar. Ia bersama jajarannya turut serta menyaksikan pemandangan langka tersebut saat melakukan pemantauan pengunjung di Pulau Angso Duo. Genius secara spontan juga sempat mengabadikan dengan kamera ponselnya.

Sebagaimana diketahui, tempat pariwisata di Kota Pariaman memang dibuka dalam masa libur lebaran ini. Dan Pemerintah kota Pariaman memberlakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat pada setiap pengunjung.

Terkait penampakan ini, Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Citrha Aditur Bahri mengatakan jenis penyu tersebut adalah penyu lekang yang berhabitat di perairan laut Kota Pariaman.

Dikatakannya, satwa jenis tersebut hanya menampakkan diri sekitar lima sampai 10 menit.

“Penyu jenis ini mendominasi perairan laut Kota Pariaman, sedangkan juga ada spesies lainnya yakni penyu hijau dan sisik, dimana telur-telurnya sering kita temui disekitar perairan pulau terluar Kota Pariaman ini,” terangnya.

Ia sendiri mengakui terkejut melihat tingkah satwa penyu yang sedang kawin tersebut, namun tak ayal, sambung Chitra, ini merupakan pertanda bahwa kondisi perairan laut Kota Pariaman ini bebas dari racun dan dalam keadaan bersih. []

Sumber: mediacenterkotapariaman

You May Also Like