Kedatangan Menteri BUMN ke Sumbar, Antrian Panjang pada Sejumlah SPBU di Padang Terlihat Lancar

ARASYNEWS.COM, PADANG – Kedatangan Menteri BUMN Erick Thohir ke Sumatera Barat terlihat ada yang berbeda. Salah satunya aktivitas di sejumlah SPBU terlihat berbeda, khususnya di kota Padang pada Selasa (20/12/2022) kemarin.

Aktivitas di sejumlah SPBU terlihat lancar di kota Padang. Beberapa SPBU tidak lagi terlihat antrian panjang kendaraan seperti biasanya. Terlihat beberapa SPBU mengaktifkan seluruh pompanya. Hal ini terlihat pada Selasa kemarin jelang kedatangan Menteri BUMN.

Akan tetapi beberapa pihak SPBU mengklaim hal ini bukan karena kedatangan Menteri BUMN ke Sumbar. Hal ini karena adanya penambahan kuota BBM sebesar 8 kiloliter yang dikirim khususnya terhadap BBM bersubsidi.

Pihak SPBU mengklaim penambahan pengiriman ini untuk persiapan jelang libur Nataru.

“Kita mendapat penambahan pengiriman kuota BBM khususnya BBM bersubsidi. Ini untuk persiapan jelang akhir tahun,” kata Muji, salah satu karyawan SPBU di kota Padang, dikutip dari padangtv.

Seperti diketahui, kedatangan Menteri BUMN ke Sumbar dengan beberapa agenda, diantaranya untuk meninjau sejumlah pembangunan dan rencana pembangunan lainnya, seperti rencana pembangunan fly over Sitinjau Lauik, ke Sawahlunto, dan Maninjau.

Sebelumnya, anggota Komisi VI DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) Andre Rosiade telah mendatangi Integrated Terminal Teluk Kabung di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Senin (19/12/2022).

Kunjungan itu sekaligus menjalankan tugas anggota Komisi VI DPR sebagai pengawas dan pembina BUMN sebagai mitra kerjanya.

Andre Rosiade melakukan pengawasan kesiapan BUMN Pertamina dalam menyalurkan BBM dan LPG, khususnya dalam menyambut periode Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023.

Kedatangan Andre ke Terminal Teluk Kabung diterima oleh Integrated Terminal Manager (ITM) Teluk Kabung Arif Ardyansyah dan Sales Area Manager (SAM) Retail Sumatera Barat Narotama Aulia Fazri.

Andre memastikan stok di Integrated Terminal aman dengan ketahanan stok baik Pertalite dan Biosolar di atas 15 hari. LPG juga disebutkan tidak ada masalah.

Arif Ardiyansyah menyebutkan, mereka sengaja menunggu dan menyambut Andre Rosiade, sebagai anggota DPR Komisi VI yang bermitra dengan BUMN, termasuk Pertamina.

“Terima kasih pak Andre Rosiade sudah datang ke tempat kami ini. Kita semua berharap, kebutuhan BBM selama akhir tahun sampai tahun baru aman,” katanya.

SAM Retail Sumbar Narotama Aulia Fazri menambahkan, Satgas akan bertugas dari 19 Desember 2022 sampai 28 Januari 2023. Dia menyebutkan, biasanya terjadi peningkatan Pertalite H-3 Natal dan H-2 tahun baru. Sementara Biosolar hanya di akhir 25-27 Desember saja.

“Kalau di awal bulan tidak terjadi peningkatan karena Nataru mulai berakhir. Kami Pertamina di Sumbar juga terus berkoordinasi dengan Terminal Teluk Kabung soal stok BBM. Di sini tidak hanya distribusi BBM Sumbar tapi juga Sumut dan Aceh,” katanya.

Salah satu langkah memastikan BBM tersedia, kata Narotama, adalah dengan penambahan mobil tangka dan SPBU Kantong.

“Kami tempatkan storage untuk mempercepat distribusi dan memastikan semua SPBU dipasok BBM dengan cukup. Karena juga akan dipasok dari lokasi terdekat atau lalu lintas teraman. Misal ada macet di satu lokasi, maka BBM akan diantar dari lokasi yang lancar,” katanya.

Andre Rosiade mengatakan, dia sengaja melakukan pengecekan ke Terminal Teluk Kabung sebagai upaya memastikan kesiapan Pertamina, untuk mengamankan BBM dan LPG di Sumatera Barat selama masa Satgas Nataru. []

You May Also Like