Bunga Bangkai Berbuah Ditemukan di Agam, Tidak Jauh Dari Dua Knop Rafflesia Arnoldii

ARASYNEWS.COM, AGAM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Bukittinggi temukan bunga bangkai (Amorphophallus Titanum) berbuah. Lokasinya berada di Jorong Bukik Aia Tabik, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kepala BKSDA Resort Bukittinggi, Vera Ciko mengatakan, awal temuan Bunga Bangkai berbuah itu ditemukan oleh warga setempat.

“Laporan dari warga beberapa hari yang lalu. Kemudian hari ini kita langsung menuju lokasi dan melihat temuan ini,” kata Vera Ciko, Rabu (14/4/2021).

“Satu tandan buah bunga bangkai kita lihat dari laporan warga, lokasinya di kawasan perbukitan yang cukup jauh dari pemukiman rumah warga,” terang dia.

Dijelaskan Ciko, buah bunga bangkai ini memiliki biji sebesar buah pinang yang berwarna merah. Kemudian panjang tandannya 179 cm dan lingkaran batang 40 cm. Dan ukuran ini dikatakannya cukup besar.

Menurut Ciko, buah bunga bangkai itu memiliki biji yang diperkirakan sebesar buah pinang dengan warna merah.

“Ini buah sangat besar sekali, tapi saat ini belum masak (matang), nanti warna jadi merah tua. Biasanya, waktu dari awal berbunga hingga berbuah berjarak lebih kurang enam bulan,” ungkap ciko.

Bukan hanya bunga bangkai berbuah, tidak jauh disekitar lokasi, juga ditemukan dua knop Rafflesia Arnoldii. []

You May Also Like