Tanpa Disadari, Beberapa Hewan ini Bisa Memprediksi Datangnya Bencana

ARASYNEWS.COM – Tanpa kita sadari, hewan-hewan yang ada disekitar kita mempunyai kemampuan luar biasa yang melebihi manusia. Salah satunya adalah kemampuannya dalam memprediksi datangnya bencana alam.

Biasanya, hewan akan berperilaku aneh sebelum terjadinya bencana, baik kebakaran, gempa, dan lainnya. Bahkan juga dapat memberi syarat kepada pemiliknya akan datangnya pencurian.

Seperti contohnya, angsa yang bersuara ribut saat malam akibat ada datangnya pencuri. Dan ada juga ayam yang tidak mau bertelur, sapi yang tidak mengeluarkan susu, lebah yang berbondong-bondong hijrah meninggalkan tempatnya semula.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa diantaranya hewan-hewan yang dapat memberikan tanda akan terjadinya bencana.

  1. Anjing
    Hewan yang paling banyak dipelihara ini ternyata juga bisa memprediksi tsunami yang akan datang. Dilansir dari Telegraph, seseorang yang tinggal di Pantai Galle, Sri Lanka melaporkan bahwa kedua anjingnya menolak untuk pergi ke pantai. Selain itu, menurut Indo-Asian News Service, di sepanjang Pantai Cuddalore India, ribuan orang tewas dalam tsunami 2004. Namun, banyak kerbau, kambing, dan anjing tak terluka sama sekali.
  2. Gajah Sumatera
    Satwa dilindungi ini bisa mendeteksi gempa. Menurut Telegraph, gajah-gajah sumatera yang memberikan tumpangan pada wisatawan mulai berbunyi saat gempa akan terjadi. Selain itu, gajah-gajah itu juga menangis. Mereka tak mengindahkan pawangnya dan berlari ke bukit.
  3. Kucing
    Hewan peliharaan ini akan mengeong tanpa alasan yang jelas saat akan gempa. Dilansir dari National Geographic, kucing bisa mengeong tanpa alasan yang jelas saat akan terjadi gempa. Itu adalah penanda bahwa kucing merasa gugup dan gelisah.
  4. Kuda
    Perilaku kuda yang mengentak, meringkuk, memberontak, dan berguling-guling di tanah saat cuaca buruk atau gempa akan terjadi. Dilansir dari Sciencing, semakin besar kawanan kuda, semakin banyak pula kuda yang akan gelisah, gugup, dan ketakutan.
  5. Sapi
    Biasanya sapi akan mengalami penurunan produksi susu sebelum terjadinya gempa. Menurut Discovery, sebelum terjadi gempa berkekuatan besar, sapi menunjukkan penurunan produksi susu selama enam hari.
  6. Lebah
    Hewan yang satu ini bisa saja tak terlihat saat hari akan hujan atau badai dan bahkan gempa besar, serta kebakaran dahsyat. Mereka merasakan perubahan kelembapan di atmosfer. Itu sebabnya, mereka akan berlindung di sarangnya sebelum hujan turun atau badai berlangsung. Dan kejadian ini juga pernah terjadi saat di Istana Basa Pagaruyung kota Batusangkar, yang lebah-lebahnya pergi entah kemana saat sebelum terjadinya bencana kebakaran hebat. Mereka juga bisa merasakan perubahan tekanan udara. Selain itu, rambut di bagian belakang lebah sangat sensitif dan dipengaruhi oleh elektrostatika di awan.
  7. Tikus
    Hewan bawah tanah akan muncul dari tanah dan berlari ke tempat aman sebelum terjadinya bencana. Dilansir dari Scientific American, perilaku hewan tak biasa sebelum gempa pertama kali didokumentasikan oleh sejarawan Romawi Aelian pada tahun 373 SM. Lima hari sebelum gempa bumi menghancurkan kota Helike, hewan-hewan, seperti tikus, musang, ular, kelabang dan serangga muncul dari bawah tanah dan melarikan diri dari kota.
  8. Kelelawar
    Satwa yang satu ini pernah melarikan diri saat sebelum terjadinya tsunami. Contohnya pada tahun 2004, tsunami melanda Asia Tenggara dan menewaskan lebih dari 200 ribu orang, Namun, hampir tak ada hewan liar yang jadi korban. Anjing, gajah, kijang, dan kelelawar melarikan diri sebelum gelombang menghantam. Dilansir dari Christophervasey, Kelelawar dan serangga membedakan suara ultra yang tidak terdengar oleh manusia untuk mendeteksi gempa.
  9. Ular.
    Hewan satu ini bisa merasakan gempa dari jarak ratusan kilometer. Bahkan ia bisa merasakannya lima hari sebelum bencana terjadi. Dilansir dari BBC, mereka merespons bencana dengan tak menentu, bahkan bisa menabrak tembok saat melarikan diri. Saat musim dingin sekali pun, ular akan keluar dari sarangnya karena bencana alam akan terjadi.
  10. Hiu
    Satwa ini bisa diketahui bisa mendeteksi badai. Seorang peneliti Neil Hammerschlag dari The R.J. Dunlap Marine Conservation Program di University of Miami menemukan bahwa hiu macan dan spesies hiu lainnya akan cenderung menuju tempat dengan perubahan suhu yang cepat. Dengan memantau pergerakan hiu, peneliti dapat memprediksi di mana lokasi badai akan terjadi.

Itulah beberapa hewan yang bisa memprediksi akan datangnya bencana. Tapi masih banyak lagi lainnya hewan yang dapat memberikan tanda keanehan dalam perilakunya sebelum datangnya bencana. []

You May Also Like