PLN Gerak Cepat Lakukan Perbaikan Tiang yang Tumbang Akibat Terjangan Longsor

ARASYNEWS.COM, KAMPAR – Longsor yang terjadi pada ruas jalan Riau-Sumbar pada Jum’at (7/5/2021) kemarin juga mengakibatkan terputusnya aliran listrik ke pelanggan. Ada satu tiang listrik yang tumbang akibat terimbas longsor tanah, batu dan pohon.

Manager PLN UP3 Pekanbaru, Yuliandra Syahrial Nurdin menjelaskan dari kejadian tersebut mengakibatkan putusnya pasokan listrik yang dirasakan oleh sekitar 15.900 pelanggan di beberapa daerah di Kabupaten Kampar.

“Ada 15 desa yang gelap gulita akibat longsor yang terjadi pada sore kemarin,” kata Yulianda dalam keterangannya, Sabtu (8/5).

Ia memaparkan lokasi yang terdampak padam yakni di Desa Batulangka, Kabun, Giti, Aliantan, Bonotapung, Kumain, Tandun, Kasikan, Puo Raya, Langgak, Dayo, Bencah Kusuma, Tapung, Ujung Batu Timur dan Kelurahan Ujung Batu.

“Untuk menindaklanjuti ini, kami segera mengerahkan sejumlah 20 personel yang terdiri tim teknik PLN ULP Bangkinang, tim teknik PLN ULP Ujung Batu beserta mitra kerja untuk mempercepat proses pemulihan,” kata Yuliandra.

Yuliandra menjelaskan tim melakukan upaya awal dengan meminimalisir daerah yang terdampak padam akibat gangguan penyulang tersebut. Tim melakukan manuver penyulang, untuk trafo distribusi yang dimanuver normal sejumlah 9 unit.

“Akses jalan terputus akibat tanah longsor menjadi kendala kami dalam upaya perbaikan gangguan jaringan listrik. Tapi atas bantuan BPBD dan PUPR, maka lokasi dapat segera dibersihkan dari material tanah dan bebatuan,” jelasnya.

Dikatakannya juga proses penyelesaian dilakukan pada Sabtu (8/5) dini hari. Tim PLN bersama dengan Dinas PUPR Kabupaten Kampar berhasil menyelesaikan penggantian tiang yang tumbang tersebut.

Ia juga mengatakan, secara berangsur-angsur pasokan listrik dapat normal kembali pada Sabtu pagi.

Untuk mengatisipasi terjadi longsor susulan yang dapat mengakibatkan terputusnya kembali pasokan listrik dan untuk mengamankan potensi bahaya listrik di lokasi tersebut, dikatakan Yuliandra, PLN telah menyiagakan penuh tim pelayanan teknik.

“Semua tim kami siagakan sampai dengan kondisi aman dan akses jalan sudah bisa dibuka kembali,” sebut dia.

“Kami mohon maaf kepada seluruh pelanggan PLN atas ketidaknyamanan yang dirasakan dari dampak terputusnya pasokan listrik akibat longsor ini,” kata dia.

Untuk tindakan lebih lanjut, ia juga meminta kepada seluruh pelanggan PLN agar dapat melaporkan segala bentuk gangguan atau keluhan kelistrikan melalui call center PLN di (kode area) 123 atau dengan Aplikasi PLN Mobile yang dapat didownload di Smartphone melalui AppStore maupun PlayStore. []

You May Also Like