Penggunaan Sertifikat Vaksin, Wiku: Tak Ada Jaminan Surat Vaksin Bisa Hentikan Penularan Virus

ARASYNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito berikan tanggapan tentang penggunaan sertifikat vaksinasi sebagai salah satu syarat berkegiatan masyarakat. Ia pun mempertanyakan tentang penggunaan ini terhadap penyebaran Covid-19.

Aturan ini sudah mulai diterapkan diberbagai daerah dan salah satu yang dicontohkannya adalah yang ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta yang berencana memberlakukan aturan tersebut khususnya di tempat-tempat yang berpotensi adanya kerumunan seperti terminal maupun stasiun..

Wiku Adisasmito yang juga sebagai Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 bahwa dirinya masih mempertimbangkan penggunaan sertifikat vaksinasi untuk hal tersebut.

“Sejauh ini penggunaan sertifikat vaksinasi sebagai bagian dan kelengkapan dokumen perjalanan saja. Persyaratan kartu vaksinasi sudah digunakan sebagai salah satu dokumen perjalanan dari dan ke wilayah Pulau Jawa dan Bali dan perkembangan aplikasinya dalam sektor lainnya masih dipertimbangkan,” jelas Wiku dalam keterangan pers secara virtual, Selasa (3/8/2021) kemarin sore.

Meski begitu Wiku menekankan, bahwa vaksinasi Covid-19 sangat penting bagi masyarakat. Terlebih karena tingkat mobilitas masyarakat dari suatu daerah ke daerah lain masih terjadi.

“Perlu ditekankan karena mobilitas antardaerah masih terjadi, untuk itu dalam menjamin mayoritas masyarakat terlindungi dari aktivitas berisiko tersebut, maka vaksinasi nasional menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam mengendalikan pandemi Covid-19,” sebutnya.

Terakhir, ia juga mengingatkan dengan vaksinasi saja tidak cukup untuk mengurangi penularan Covid-19. Tetap perlu adanya kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

“Ingat, vaksinasi tidak bisa menggantikan efektivitas 3M dalam mencegah penularan Covid-19 karena sistem ini perlu untuk dipertahankan dan saling bekerja melengkapi bukan menggantikan,” pungkas Wiku. []

You May Also Like