Pemko Pekanbaru Langsung Bergegas Lanjutkan PPKM Level 4 ke Tahap II

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Usai mendapat kabar tentang perpanjangan PPKM level 4 untuk sejumlah daerah yang sebelumnya menerapkan PPKM level 4 oleh Presiden Jokowi, pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru melalui Walikota Pekanbaru, Firdaus langsung bergegas.

Dikatakan Firdaus, bahwa PPKM level 4 di Kota Pekanbaru berlanjut ke tahap II yang diperpanjang hingga 9 Agustus.

Sebelumnya, pada Senin (2/8/2021), ia bersama Forkompinda telah melakukan rapat evaluasi PPKM level 4 tahap pertama yang berakhir hari ini.

“Tentu kita lanjut, sudah dikabarkan, maka kita perpanjang selama satu pekan ke depan mengikuti kebijakan pemerintah pusat,” kata Firdaus, Senin malam.

Untuk tahap II ini, dikatakan Firdaus, selain masih menerapkan pembatasan untuk ruas jalan dan kegiatan masyarakat, pihaknya juga akan lakukan penanganan kasus secara keseluruhan.

Firdaus menilai langkah pencegahan yang diambil ini karena selama PPKM sebelumnya angka penambahan kasus Covid-19 masih belum turun ke angka yang diinginkan.

Dirinya mengaku bahwa ada lonjakan kasus penularan Covid-19 terjadi di Kota Pekanbaru yang sangat cepat, dan upaya penanganan ini baru akan terlihat sekitar 14 hari ke depan.

“Fokus dalam PPKM level 4 tahap II yakni mengoptimalkan pembatasan bagi aktivitas masyarakat. Sembilan tim yang kita bentuk sudah lakukan pengawasan dan salah satunya terhadap sektor non esensial,” kata Firdaus.

“Sektor inilah yang banyak ditemukan pelanggaran. Tapi secara umum sudah mulai mematuhi. Ini bakal kita evaluasi untuk kedepannya,” terang dia.

Dikatakan Firdaus lagi, bahwa peningkatan kasus yang terjadi beberapa hari ini karena adanya pelonggaran aktivitas masyarakat. Dan untuk kedepannya, pihaknya akan bersiap tegas mencegah itu semua.

Lebih lanjut, terkait anggaran untuk di lapangan dalam penanganan kedepan ini, bahwa pemko Pekanbaru sudah persiapkan menggeser untuk optimalkan penanganan Covid-19 di kota Pekanbaru. []

You May Also Like