Pembangunan Sirkuit Selesai 54 Hari dan Formula 3 Dimulai Tapi Tak Ada Patung Anies Baswedan di Area Sirkuit

ARASYNEWS.COM, JAKARTA – Kompetisi balap mobil listrik Formula E Jakarta 2022 resmi digelar pada hari ini, Sabtu, 4 Juni 2022. Tercatat sebanyak 30 perusahaan swasta lokal maupun global sebagai sponsor perhelatan akbar itu.

Formula E adalah ajang balap berskala dunia ke-2 Indonesia, setelah gelaran MotoGP diadakan di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022.

Sirkuit Ancol yang menjadi tuan rumah Formula E Jakarta terlihat sudah cukup sempurna. Menariknya, pembangunan sirkuit ajang balap mobil kelas dunia ini hanya memakan waktu kurang dari dua bulan dan menjadi yang tercepat di dunia. Pembangunan sirkuit Formula E di Ancol Jakarta ini menelan biaya sebesar Rp190 miliar. Dan cepatnya pembangunan sirkuit ini mendapat applause dari dunia.

Beda perlakuan pembangunan sirkuit Formula E di Jakarta ini dibandingkan dengan sirkuit Pertamina Mandalika yang mendapat dukungan dan perhatian penuh pemerintah seperti Menparekraf Sandiaga Uno, Kementerian BUMN dibawah kepemimpinan Erick Thohir, dan bahkan Presiden RI Joko Widodo.

Meskipun diatasi sendiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tapi yang mantapnya lagi, tidak ada dipasangkan patung Anies Baswedan di kawasan sirkuit.

Untuk sponsor perhelatan kegiatan ini, hampir tak terlihat perusahaan pelat merah yang menjadi sponsor pada kegiatan Formula E Jakarta. Hal ini terutama bila dibandingkan saat MotoGP digelar, banyak sponsor BUMN yang terlibat.

Untuk diketahui, berikut perbandingan daftar sponsor dua ajang tersebut.

Daftar Sponsor Formula E Jakarta 2022: Indosat Ooredoo Hutchison Powered by Ericsson, MS Glow for Men, Bank Artha Graha International, Erafon, Electronic City, Bank DKI, Discovery Hotel, J Water, Grab, Realme, PT Anugerah Utama Multifinance, Teh Botol Sosro, PT Central Omega Resource Tbk, Paprika, Walking Drum, Coca Cola, Gulavit, Media Plaza, Enesis, Nescafe, Krisbow, PT Proline Finance Indonesia, Waste for Changes, Bank China Construction Tbk, Hyundai, Sony, Samsung, Sharo, LG, PT BMW Indonesia

Daftar sponsor MotoGP Mandalika: PT Pertamina (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT PGN Tbk, PT GoTo Gojek Tokopedia, PT PP (Persero), Aprilia Indonesia, Astra Honda Motor, J&T Express, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, TDR High Performance Technology, RCB (Racing Boy), KYT Helmet

Namun meski kurang mendapatkan bantuan dari perusahaan BUMN, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan optimistis seluruh persiapan yang dikerjakan oleh pihak penyelenggara telah berjalan dengan lancar dan mulus.

“Persiapan berjalan dengan lancar dan tiga hari menjelang pelaksanaan, bisa dikatakan seluruh persiapan sudah selesai,” ujar Anies dalam keterangan resminya.

Anies juga menyatakan sebanyak 22.000 penonton akan hadir dalam gelaran Formula E Jakarta yang akan dilaksanakan pada hari ini.

Pihak penyelenggara Formula E sebelumnya memastikan BUMN tidak terlibat sebagai sponsor dalam ajang balap mobil yang akan berlangsung di Ancol, Jakarta Utara. Saat ini, Jakarta E-Prix mengantongi 30 dukungan dari swasta maupun BUMD.

Vice Managing Director Jakarta E-Prix Gunung Kartiko menjelaskan dukungan sponsor Formula E sangat membantu. Sponsor Formula E terdiri atas berbagai bidang usaha, mulai bank, produk perawatan kulit, perusahaan teknologi, hingga perhotelan.

“Kami tentunya berterima kasih kepada para sponsor, karena dukungan mereka tentu akan sangat berkontribusi atas suksesnya ajang Jakarta E-Prix ini,” ujar dia.

Selain puluhan sponsor lokal, kata Gunung, ada sejumlah sponsor global yang dibawa pihak Formula E Operation (FEO) untuk mendukung acara Jakarta E-Prix 2022. Sponsor global tersebut hadir di semua balapan di berbagai negara.

“Untuk nama-nama sponsor globalnya bisa di cek langsung di situs fiaformulae.com,” tutur Gunung.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan alasan perusahaan pelat merah tidak menjadi sponsor dalam perhelatan balap mobil listrik Formula E. Ia mengatakan BUMN sudah terlibat di pelbagai agenda.

“Kita partisipasi di banyak tempat, ada G20, ada juga beberapa event yang ditugaskan,” kata Erick, Kamis, 2 Juni 2022 kemarin.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menampik kabar yang menyebut kementeriannya telah menghambat kerja sama sponsor antara perusahaan pelat merah dan penyelenggara Formula E.

Staf Erick Thohir tersebut menyesalkan pernyataan beberapa pihak yang menilai BUMN tidak mendukung kegiatan balap mobil listrik internasional ini.

“Pernyataan itu tidak benar karena tak ada kebijakan menghambat sponsorship bagi event yang dimaksud. Bahkan PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison), yang sebagian sahamnya turut dimiliki BUMN, telah menjadi salah satu perusahaan yang mendukung acara tersebut,” kata Arya dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat, 3 Juni 2022.

Arya mengatakan Kementerian BUMN telah menerima informasi bahwa sebagian dari korporasi di bawah BUMN menerima proposal sponsorship dari panitia penyelenggara Jakarta E-Prix 2022. Namun proposal itu baru disorongkan sebulan sebelum agenda balap mobil digelar.

Padahal, menurut Arya, dalam mendukung agenda besar dan berskala internasional, BUMN memerlukan waktu untuk melakukan proses pengkajian sponsorship. “Termasuk juga melakukan pengkajian secara kelayakan bisnis dan model kerjasama agar memenuhi prinsip good corporate governance (GCG),” kata dia.

Lebih jauh, Arya menuturkan lama waktu pengkajian proposal antar-BUMN berbeda-beda. Proses itu disesuaikan dengan peraturan masing-masing perseroan.

Untuk diketahui, Formula E Jakarta 2022 yang tengah berlangsung di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) Ancol, sejak Sabtu (4/6/2022) pagi WIB.

Jakarta E-Pix 2022 merupakan seri kesembilan Formula E. Musim ini balapan mobil listrik tersebut dimulai di Diriyah, Arab Saudi, pada akhir Januari, dengan Berlin menjadi perhentian terakhir para pembalap pada pertengahan bulan lalu sebelum menuju Jakarta.

Dikutip dari jadwal resmi Jakarta E-Prix 2022, Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah melakukan uji sirkuit pada Jumat (3/6/2022) dari pukul 10.00 hingga 14.10 WIB. Dalam rentan waktu tersebut, FIA juga melakukan pengecekan terhadap para pembalap.

Pada Jumat (3/6/2022), FIA juga melakukan berbagai uji coba lintasan sirkuit pada siang hari, termasuk dengan menggunakan safety car Formula E.

Sementara hari ini, Sabtu (4/6/2022) yang merupakan race day, pembalap memiliki agenda yang padat. Dimulai dengan pemeriksaan medis oleh FIA pada pukul 06.55 WIB, para pembalap akan memulai latihan bebas, yang akan dilanjutkan dengan kualifikasi pada siang hari. []

You May Also Like