Event Pacu Jalur Akan Dibuka Secara Resmi Menparekraf, Diimbau Agar Seluruh Masyarakat Menjaga Kebersihan

ARASYNEWS.COM, TELUK KUANTAN – Lebih dari 12 ribu pedayung yang tergabung dalam 178 jalur (istilah untuk yang ikut berlomba) beradu kekuatan untuk menjadi yang tercepat dari babak penyisihan Festival Pacu Jalur.

Puncak event budaya ini akan berlangsung mulai Ahad (21/8/2022) di tepian Narosa Teluk Kuantan kabupaten Kuantan Singingi.

Event ini akan dibuka secara resmi oleh Mentri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno pada Ahad (21/8/2022) dalam jadwal pukul 14.30 WIB.

Untuk acara seremonial penyambutan Menteri Sandiaga Uno di Lapangan Limuno, Kecamatan Kuantan Tengah.

Plt Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM mengungkapkan festival ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat diminati masyarakat.

“Kearifan lokal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, baik lokal, nasional maupun mancanegara,” kata Plt Bupati Suhardiman Amby.

Oleh karena itu, dikatakannya, pemerintah Kabupaten maupun Provinsi akan terus melakukan berbagai promosi. Sebab dengan promosi yang tepat dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun berikutnya.

“Pariwisata tugasnya promosi dan dorongan promosi ini yang terus menerus dilakukan. Kami bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemanparekraf) memberikan dukungan penuh agar event pacu jalur ini semakin dikenal Dunia,” tuturnya.

Ditempat terpisah, Darwis selaku komentaror pacu jalur mengatakan sudah 178 jalur yang mendaftar dan sudah menjalani babak penyisihan.

“Lomba Pacu Jalur yang akan berlangsung dari tanggal 21 Agustus 2022 hingga 25 Agustus 2022 memang begitu fenomenal. Sudah sebanyak 178 jalur sudah terdaftar satu hari sebelum pembukaan pacu dilakukan,” ujar Darwis.

“Jalur diisi pedayung sekitar 50-60 orang setiap perahu. Jadi setiap pedayung yang sedang berjuang memperebutkan Piala Bergilir Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif,” jelas dia.

Untuk hadiah selain uang, biasanya juga termasuk dari sponsor menyediakan hewan ternak untuk para pemenang.

“Uniknya, tahun ini Piala Mentri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif tidak hanya diperebutkan oleh Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Indragiri Hulu (Inhu), tetapi juga kabupaten lainnya di Riau,” tukasnya.

Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby mengajak agar masyarakat Kuansing dan pendatang agar mengikuti arahan dan menjaga daerah agar tetap bersih. Hal ini sebagaimana dalam surat edaran yang diterbitkan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Kuansing.

Adapun isi surat edaran itu adalah mengimbau agar seluruh masyarakat umum yang menyaksikan atau berkunjung ke event nasional pacu jalur 2022 di tepian narosa untuk melaksanakan gerakan “pacu jalur kuantan zero sampah”.

Untuk mewujudkan terlaksananya gerakan tersebut, maka disampaikan kepada seluruh pengunjung, pedagang, anak pacu dan masyarakat umum lainnya untuk turut andil dalam gerakan pacu jalur kuantan zero sampah dengan cara :

  1. Tidak membuang sampah ke sungai kuantan.
  2. Membuang sampah pada tempat yang sudah di sediakan.
  3. Menghindari penggunaan sampah plastik sekali pakai antara lain kantong plastik
    kresek, sedotan plastik. air minum dalam kemasan, makanan dan minuman dalam kemasan plastik serta kemasan styrofoam;
  4. Kepada para pedagang agar menyediakan trashbag di tempat berdagang untuk pengumpulan sampah.
  5. Kepada penyedia tribun agar turut andil menyediakan sarana fasilitas pembuangan sampah di tribunnya.
  6. Memfoto setiap orang yang melakukan kegiatan pembuangan sampah yang di buang ke sungai kuantan dan melakukan pengaduan ke media sosial DLH kabupaten kuantan singingi.

[]

You May Also Like