Dua Jama’ah Haji Indonesia Diamankan Polisi Arab Saudi

ARASYNEWS.COM – Luthfi Khanifuddin dan Janar Aprianto, ditangkap oleh Askar atau petugas keamanan dari Masjid Nabawi pada Kamis (16/5/2024) kemarin.

Dua orang ini adalah jama’ah haji asal Indonesia dari Kloter 4 Embarkasi Surabaya. Diamankan karena berbuat hal-hal yang dilarang.

Dikutip dari viva, dua jama’ah ini ditangkap petugas beberapa saat setelah sholat ashar. Mereka diamankan Askar karena melakukan tindakan yang dilarang dilakukan di kawasan Masjid Nabawi.

Adapun kronologisnya, setelah sholat ashar, mereka melakukan tahlilan yang dipimpin ketua KBIH mereka di pelataran selatan Masjid Nabawi.

Selanjutnya, dua jama’ah ini membentangkan spanduk bertuliskan KBIH berswafoto untuk dokumentasi.

Kegiatan tersebut kemudian dilihat oleh askar atau Polisi Arab dan 2 orang diantara mereka, langsung dibawa kekantor polisi.

Petugas seksus kemudian mendapat laporan sekira pukul 18.15 WIB dan langsung menuju kantor polisi. Tak lama kemudian, askar membawanya ke lantai 2 pintu 37 Masjid Nabawi.

Atas kejadian itu, tindakan yang dilakukan oleh petugas PPIH yakni melakukan koordinasi dengan polisi Arab Saudi.

Kemudian, kedua jama’ah yang membentangkan spanduk itu dinasehati oleh Polisi Arab. Dan akhirnya, sekira pukul 18.45 waktu Arab Saudi, keduanya dilepaskan sebelum sholat maghrib.

PPIH kemudian mengimbau kepada para jama’ah haji Indonesia agar menaati aturan yang ada dan tidak melakukan pembentangan spanduk di kawasan yang dilarang dan juga memperhatikan aturan dan petunjuk lainnya yang telah ditetapkan. []

You May Also Like