Arab Saudi Masih Belum Izinkan Indonesia Masuk Jelang Pelaksanaan Ibadah Haji, Ini Kata Menag

ARASYNEWS.COM – Pemerintah Arab Saudi telah memberi izin draf negara-negara yang warganya boleh mengunjungi tanah suci Mekkah untuk beribadah haji.

Melalui akun Twitter resmi Kementerian Dalam Negerinya, Arab Saudi mengumumkan bahwa hanya 11 negara yang warganya diizinkan masuk ke Arab Saudi.

Negara-negara tersebut di yakni, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Italia, Jepang, Jerman, Prancis, Portugal, Swedia, Swiss, dan Uni Emrat Arab.

Selain itu, termasuk negara-negara di Asia Tenggara yang di dalamnya juga terdapat Indonesia, China, Malaysia belum masuk daftar negara yang boleh mengirimkan jemaah haji.

Terkait hal ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berujar tentang keputusan apakah Indonesia memberangkatkan jemaah haji atau tidak, pemerintah masih harus menunggu satu dua hari ke depan untuk keputusannya.

“Kita tidak bisa pastikan sendiri. Kalau persiapan di dalam negeri kita clear, siap dari a sampai z, dari teknis paling detil sampai yang tidak detil,” ucap Menag di Jakarta Selasa (1/6) kemarin.

“Terkait dengan keputusan pemerintah luar negeri, yakni pemerintah Saudi, ya kita tunggu. Kewajiban untuk persyaratan kan sudah kita penuhi,” pungkasnya. []

You May Also Like