Waspadai WhatsApp Anda, Jangan Sebarkan Kode Verifikasi

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Berbagai penipuan kerap dilakukan oknum yang tidak bertanggungjawab saat ini, salah satunya melalui aplikasi sosial media.

Dan baru-baru ini juga diungkapkan salah seorang pengguna di Pekanbaru. Pria yang bernama Dede Firmansyah, mengaku ada keganjalan pada aplikasi WhatsApp miliknya.

Dede yang aktif sebagai pelaku pariwisata di Riau ini pun terkejut, karena mengetahui hal itu setelah dikonfirmasi oleh teman-teman WhatsApp-nya.

“Awalnya saya kaget, rata-rata isi chatting WA-nya saja untuk meminjam sejumlah uang,” akui Dede, Sabtu (10/4/2021).

“Assalamualaikum Bisa minta tolong ga,” isi tulisan di WA.
“Waalaikum salam, gmn bang?” ditanggapi.
“Ada saldo di rek gak? Mau pinjam uang soal nhya mau transfer atm lagi eror..ntra sore ak trf balik,” isi balasnya.

Beberapa saat sesudah itu masuk telpon Dede, dengan nomor yang lain, menerangkan bahwa WA beliau hacker.

“Saya ngasih nomor kode 6 digit yang bertulisan thailand, orang yang meng-WA tersebut mengaku bahwa konsumen kami salah transfer, jadi minta 6 angka tersebut. Itu awal bencananya, saya baru ingat bahwa saya lakukan itu lusa setelah diingatkan kawan pasti Dede kasih angka yang ada tulisan thailand, wah, setelah itu baru tersadar,” kata Dede pasrah.

“Tulisan Thailand dan 6 digit nomor, ini modus penipuan saat ini. Alhamdulillah, dari pagi kemarin sampai jelang tengah malam banyak teman-teman langsung menelpon ke Hp, untuk memastikan mengkonfirmasikan bahwa ini benar-benar hacker yang meng-WA mereka, rata-rata teman-teman itu bilang: saya yakin ini bukan Dede karena, bahasa di WA nya berbeda saat biasa Dede WA,” diceritakan Dede meniru ucapan temannya yang mengkonfirmasi.

“Harapan saya semoga yang mendapat WA dari hacker tersebut, tidak menjadikan ada korban sampai mentransferkan dana ke pelaku kejahatan tersebut,” harap Dede.

“Jadi berhati-hati jika ada yang meminta angka nomor 6 digit dari sms WA kita. Ini penipuan gaya baru, dan harapnya teman-teman yang menerima pesan WA minta transfer tersebut uang,” jelas Dede.

“Abaikan saja, dan Dede minta maaf, karena nomornya di hacker, dan kawan-kawan jadi terganggu,” imbuh Dede

“Alhamdulillah jam 05.30 subuh tadi, aplikasi WA saya sudah pulih. Ada sms kode verifikasi dari WA yang telah diupayakan sejak siang itu,” pungkas Dede. []

You May Also Like