Sirkuit Mandalika Sebanyak 17 Tikungan Selesai Diaspal, Kini Sedang Cari Sponsor

ARASYNEWS.COM, LOMBOK TENGAH – Sirkuit Mandalika telah selesai pengerjaan pengasapalannya dan ditandai dengan serah terima pertama pembangunan sirkuit Mandalika street sirkuit pada Ahad (15/8/2021).

Hasil ini adalah hasil kerjasama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai kado peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia dengan meyelesaikan pengaspalan lintasan sirkuit MotoGP Mandalika.

Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer menyampaikan, penyelesaian pengaspalan ini melalui kerja keras ITDC bersama pemerintah daerah dan pihak terkait.

“Kami persembahkan ini untuk Indonesia, pas sudah selesai pengerjaan pengaspalan 17 tikungan untuk peringatan Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus ini,” kata Abdulbar dalam kegiatan seremonial penyelesaian pekerjaan pengaspalan dan serah terima pertama pembangunan Mandalika street sirkuit, Ahad (15//8/2021), dilansir dari kompas.

Pengerjaan pengaspalan ini, dikatakan Abdulbar cukup cepat, dalam kurun waktu satu tahun sudah selesai diaspal dengan kualitas aspal yang tinggi.

Abdulbar juga bahwa tugasnya kini telah selesai menyelesaikan pengaspalan, selanjutnya pihaknya akan meminta dukungan dari Presiden Joko Widodo untuk penyelenggaraannya.

“Kita mohon dukungan Pak Presiden dan Negara Indonesia, satu berapa audiens (penonton) nanti yang dibolehkan untuk datang ke sini, dengan prosedur seperti apa,” kata Abdulbar.

Abdulbar juga menyampaikan, ia meminta kepastian negara atas siapa saja sponsor dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

“Yang kedua kita perlu kepastian sponsor MotoGP, karena sponsor MotoGP di mana-mana selalu disiapkan oleh negara,” kata Abdulbar.

Selain itu Abdulbar juga meminta kepastian atas ketersediaan fasilitas kesehatan dari Menteri Kesehatan untuk Medical Center MotoGP Mandalika yang telah selesai dibangun.

Dalam kegiatan seremonial penyelesaian pekerjaan pengaspalan dan serah terima pertama pembangunan Mandalika street sirkuit, turut hadir Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol M Iqbal dan Komandan Korem (Danrem) 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani.

Ist

Selesainya pengaspalan di Sirkuit Mandalika ini pun terasa spesial karena mendekati Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2021 mendatang. Indonesia patut berbangga karena di perayaan kemerdekaan nanti bakal memiliki sirkuit balapan yang siap menggelar berbagai event dunia.

“Akhirnya yang ditunggu-tunggu, pengaspalan track lane selesai 100%! Trek dengan 17 tikungan sepanjang 4,310 km akhirnya tersambung dan menghitam jelang HUT Ke-76 Republik Indonesia. Mandalika International Street Circuit karya anak bangsa, dari Indonesia untuk dunia!” bunyi caption postingan @themandalikaGP.

Selain itu, tentunya proses pembangunan Sirkuit Mandalika akan tetap terus digenjot. Apalagi mengingat target Indonesia menjadi tuan rumah WSBK 2021 kini tinggal beberapa bulan lagi.

Dalam kalender WSBK 2021, Indonesia akan menjadi seri ke-13 dan berlangsung pada 12-14 November 2021. Jadi, kurang lebih tiga bulan lagi masyarakat Indonesia bisa menyaksikan aksi para pembalap kelas dunia di Kejuaraan Superbike tersebut.

ist

Sementara itu untuk MotoGP, Indonesia sudah dipastikan batal menjadi tuan rumah di musim ini. Indonesia baru bisa menggelar balapan MotoGP pada 2022 nanti.

Sebelumnya pihak Dorna Sprots pun sudah memberikan apresiasi kepada Indonesia karena sudah bekerja keras untuk menyelesaikan Sirkuti Mandalika. Hal itu disampaikan langsung oleh Ketum Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

“Tanggapan Dorna Sport terhadap progres pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika sangat positif. Lintasan sirkuit juga dipastikan super aman bagi para pembalap. Kepercayaan mereka terhadap progres pembangunan sirkuit dan kawasan Mandalika juga sangat tinggi,” ujar Bambang, melalui rilis resmi dari MGPA yang diterima. []

You May Also Like