Hewan Langka Muncul di Pemukiman Warga di Pekanbaru

ARASYNEWS.COM – Seekor hewan langka berukuran besar muncul di pemukiman warga di Perumahan Family Residence, Kelurahan Pebatuan Kecamatan Kulim Kota Pekanbaru.

Warga yang melihat langsung merekam dan mengirim videonya ke WhatsApp group perumahan dan juga ke media sosial. Video itu viral karena dikirim salah satu warga ke yayasan cinta satwa.

Tim Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau yang mengetahui kabar itu pun langsung meninjau lokasi.

Karena merupakan termasuk satwa yang dilindungi, tim melakukan sosialisasi dan berdialog dengan warga dan ketua RT setempat.

“Informasi dari beberapa warga tapir tersebut memang melintas di dalam semak dan kebun warga. Terlihat juga melewati komplek perumahan. Kejadian itu terjadi sehari sebelum viral di media sosial,” jelas Kepala Bidang Teknis BKSDA Riau, Ujang Holisudin, Jum’at (29/3/2024)

Selanjutnya, tim berupaya mengecek lokasi semak belukar yang dimaksud dan lokasi sekitar perumahan tetapi tidak menjumpai tapir yang viral terekam warga.

“Karena tidak menemukan tapir tim memberikan contac call center kepada warga, agar jika ada informasi terbaru tentang keberadaan tapir tersebut untuk dapat dilaporkan,” singkatnya.

Hewan sejenis ini pernah muncul pada tahun lalu di kota Pekanbaru, tepatnya di Kecamatan Rumbai Barat. []

You May Also Like