Cuaca Panas Mencapai 45 Derajat Celcius di Madinah, Jamaah Diimbau Menjaga Cairan Tubuh

ARASYNEWS.COM, MADINAH – Saat melepas keberangkatan jemaah haji Indonesia di Jakarta, Menag Yaqut Cholil Qoumas berpesan agar jemaah haji menjaga kesehatan dan membiasakan minum air putih karena cuaca panas di Saudi. Menag juga mendoakan jemaah bisa menjalankan ibadah dengan baik dan memperoleh haji mabrur.

Berdasarkan data PPIH, saat ini ada 126 petugas haji yang bertugas di Daerah Kerja (Daker) Madinah dan ada tiga sektor yang sudah siap bertugas.

Untuk masa haji 1443H/2022M, pemerintah Indonesia telah menyiapkan 126 hotel di Madinah yang akan dijadikan pemondokan jemaah haji. Hotel-hotel ini seluruhnya berada di wilayah Markaziah, yang berjarak paling jauh 500 meter dari masjid Nabawi.

Berdasarkan data yang dikeluarkan PPIH, ada sekitar 2.776 jemaah haji Indonesia yang akan tiba di Kota Madinah pada Sabtu, 4 Juni 2022. Jemaah ini tergabung dalam tujuh kelompok terbang (kloter) yang berasal dari lima embarkasi, yaitu Solo (SOC), Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), dan Padang (PDG).

Adapun perkiraan cuaca di Arab Saudi untuk siang hari rata-rata sudah mencapai 45 derajat Celsius. Untuk itu, PPIH Daker Madinah mengimbau agar calon jemaah haji memperbanyak minum air putih untuk menjaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi.

“Calon jemaah juga diimbau untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan memperhatikan asupan makanan. Hal ini diperlukan agar kondisi fisik jemaah tetap terjaga selama menunaikan ibadah haji,” kata Sekretaris Sektor 3 Madinah Bayu, dalam keterangannya dikutip pada Sabtu (4/6).

Ia juga mengatakan, untuk menyambut jemaah haji asal Indonesia pihaknya telah bersiap sejak pukul 08.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Mereka langsung berjaga di beberapa titik seperti pintu kedatangan, paviliun atau pintu keluar di dekat pengangkutan bus. Petugas bidang kesehatan juga sudah bersiaga untuk memberikan pelayanan bagi jamaah yang sakit atau lainnya.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Haryanto mengatakan, seluruh petugas telah siap untuk menyambut jamaah haji Indonesia.

Ada empat tahapan yang dilalui jemaah selama di Bandara Madinah. Turun dari pesawat, jemaah akan menjalani pemeriksaan imigrasi dan pengecekan barang.

Mereka lalu memasuki terminal haji. Setelah itu, jemaah akan beristirahat sejenak di paviliun bandara sambil menunggu keseluruhan jamaah dalam satu kloter rampung menjalani pengecekan dan lain-lain.

“Tahap akhir adalah jamaah dibawa ke hotel di Madinah. Waktu perjalanan ke hotel sekitar 30 menit,” ujarnya.

Haryanto mengungkapkan dari informasi yang dia terima, jamaah kloter 1 SOC akan mendarat pukul 08.58 WAS atau lebih awal dari rencana semula 09.25 WAS.

“Meskipun jamaah datang lebih cepat, petugas harus siap menyambut dan menerimanya,” pungkasnya. []

You May Also Like