Bisa Kena Sanksi Bagi Pemotor Yang Ngobrol Sambil Berkendara

ARASYNEWS.COM – Korlantas Polri telah mensosialisasikan dan akan memberikan sanksi bagi pengendara roda dua yang mengobrol sambil berkendara dengan pengendara lain yang berdampingan di jalan.

Hal ini, dikatakan humas Polri karena sangat mengganggu pengguna jalan lain.

Aturan ini sebenarnya telah lama disampaikan dan kembali lagi disosialisasikan. Pasalnya banyak temuan di lapangan pengendara yang belum mengetahui aturan ini.

Seperti yang dilansir dari laman Instagram Humaspolri pengendara yang mengganggu konsentrasi terhadap pengendara lain selama dijalan akan dikenakan sanksi sesuai UU No 22 Tahun 2009 Pasal 283.

“Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajib dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu kendaraan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda Rp750.000,” tertulis dalam aturan tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, jika bertemu dengan pengendara seperti itu maka bunyikan klakson dengan tujuan menghentikan percakapan mereka.

“Suara klakson pasti akan mengganggu dan menghentikan percakapan, dan menyelamatkan mereka dari bahaya, sehingga mereka paham bahwa yang dilakukannya adalah salah,” ujar Sony.

Peraturan terbaru ini dibuat bertujuan untuk keselamatan pengendara lain karena mengobrol dengan pengendara lain saat di jalan bisa meningkatkan risiko kecelakaan yang merugikan orang lain dan diri sendiri. []

You May Also Like