Bayar Parkir di Kawasan ini Tak Lagi Mahal, Nanti Akan Menyeluruh

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Retribusi parkir di pasar tradisional di kota Pekanbaru telah diturunkan dan berlaku mulai 1 Juni 2024.

Jika sebelumnya untuk roda dua dikenakan Rp 2.000 dan roda empat dikenakan Rp 3.000. Tapi kini telah diturunkan Rp 1.000.

Sebelumnya, pemberlakukan retribusi ini telah berlaku dua tahun lebih dan telah mendapatkan banyak pemasukan bagi pendapatan daerah di kota Pekanbaru.

Kini, perubahan tarif retribusi parkir ini berdasarkan pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diaperindag) Kota Pekanbaru, Hendra Putra mengatakan, perubahan tarif retribusi parkir ini belum menyeluruh di kota Pekanbaru.

“Baru dua yang sudah diberlakukan, yakni pasar Simpang Baru Panam dan pasar Rumbai,” kata Kabid Disperindag dalam keterangannya yang dikutip.

“Pemungutan parkir di pasar tradisional Kota Pekanbaru. Sesuai Perda Nomor 1 tahun 2024, untuk roda dua Rp1000 dan roda empat Rp2000,” kata Hendra.

IDisperindag Kota Pekanbaru sebelumnya sudah melakukan sosialisasi. Dari sosialisasi yang dilakukan, perubahan tarif parkir tersebut disambut baik oleh masyarakat.

Lebih lanjut, pihaknya akan menyediakan karcis yang sudah diporporasi oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru.

“Untuk parkir kita bekerjasama dengan pihak pengelola. Kebetulan untuk Pasar Simpang Baru Panam itu dari Yayasan Waris Karya Mandiri (YWKM). Untuk karcis kita siapkan dari bapenda yang sudah diporporasi, ini dilakukan agar maksimal,” ungkap dia.

Sementara untuk pasar tradisional lainnya sebut Hendra, juga akan dilakukan sosialisasi dalam waktu sepekan ini.

“Untuk awal bulan ini baru dua pasar yang mulai menerapkan. Nanti pasar lainnya juga akan diberlakukan. Kita akan lakukan sosialisasi kepada pengelola pasar tradisional lainnya,” pungkas dia. []

You May Also Like