Aturan Baru, Masyarakat Tidak Bisa Urus Dokumen Jika Belum Divaksinasi

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Penampakan yang terkesan memaksa terpampang di kantor Kecamatan Payung Sekaki kota Pekanbaru. Dalam tulisan yang ditandatangani camat, bahwa masyarakat tidak bisa mengurus dokumen jika belum divaksin. Pengumuman itu ditempelkan dan berlaku sejak 7 Juni 2021 lalu.

“Terhitung tanggal 7 Juni 2021, setiap pengurusan dokumen administrasi di kantor kecamatan Payung Sekaki, wajib untuk melampirkan bukti vaksin Covid-19 / bukti bahwa sudah mendaftar. Vaksin aman dan halal,” tertulis dalam pengumuman yang ditandatangani camat Payung Sekaki Fauzan S.STP MSi.

Camat Payung Sekaki Fauzan ketika diminta tanggapannya terkait hal itu menjelaskan, ketentuan itu semata-mata untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, pentingnya vaksin. Hal ini untuk mengantisipasi meluasnya kasus Covid-19.

“Ini kita lakukan dalam bentuk imbauan ataupun edukasi kepada masyarakat kita untuk mereka melaksanakan vaksinasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah. Artinya Kecamatan Payung Sekaki mendukung program pemerintah dan Pemerintah Kota Pekanbaru sudah menyiapkan fasilitas jemput bola melalui mobil vaksin keliling,” terang Fauzan, Rabu (9/6/2021).

Dikatakannya juga, hal ini berdasarkan imbauan Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru atas keputusan presiden atau Kepres yang tidak memberikan fasilitas pengurusan administrasi pemerintahan jika belum divaksinasi.

“Itu sekarang juga Keputusan Presiden ada, terus kita juga pertama sekali menjalankan program pemerintah,” kata Fauzan,

Tujuannya tak lain adalah agar masyarakat mau melaksanakan vaksinasi.

Ia mengatakan juga bahwa pengumuman itu bersifat imbauan. Bagi mereka yang belum vaksin, maka dapat melampirkan hasil screeningnya.

“Kan tinggal melampirkan hasilnya. Tidak masalah. Artinya kita sangat selektif soal itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada masyarakat agar segera melaksanakan vaksinasi yang dianjurkan karena masih bersifat gratis.

“Insya Allah, kita semua aman dari bahaya Covid-19,” pungkasnya. []

You May Also Like