Sampah Masih Menumpuk di Sudut Jalan, DLHK Sebut Masih Masa Transisi

ARASYNEWS.COM, PEKANBARU – Masalah sampah di kota Pekanbaru telah ditangani mitra Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, yakni PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah. Dua perusahaan inilah yang ditugaskan mengelola dan membersihkan sampah di setiap sudut di kota Pekanbaru.

PT. Godang Tua Jaya yang bertanggungjawab mengangkut sampah di zona 1, dan PT. Samhana Indah bertanggungjawab mengangkut sampah di zona 2.

Zona 1 meliputi Kecamatan Tampan yang kini dimekarkan menjadi Binawidya dan Tuah Madani, serta Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Marpoyan Damai.

Sedangkan zona 2 meliputi Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Sail dan Kecamatan Tenayan Raya serta Kulim

Hanya saja, dalam pantauan di lapangan, pada Selasa (30/3/2021), terlihat masih ada di beberapa sudut jalan, sampah masih terlihat belum diangkut pada waktu yang ditetapkan.

Salah satunya adalah di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Harapan Raya di kota Pekanbaru.

Terkait kabar ini, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengatakan, saat ini pihak ketiga dalam penyesuaian terhadap pengangkutan di wilayah pemukiman.

Ia mengatakan, pihak ketiga sedang mengidentifikasi di mana titik penumpukan.

“Saat ini masih menjadi prioritas pengangkutan di jalan-jalan protokol. Jadi selama masa transisi ke pihak ketiga dulu kan ada beberapa titik tumpukan sampah. Itu sudah mulai diidentifikasi dan menjadi prioritas oleh pihak ketiga,” kata Hendra, Selasa (30/3).

Ia mengakui, memang ada keterlambatan. Tapi bukan berarti tidak diangkut.

Ia mengatakan, pihaknya, DLHK sebagai regulator terus memantau dan mengawasi pelaksanaan tugas pihak swasta di lapangan.

“Kita evaluasi setiap minggu. Mereka juga mengidentifikasi muasal tumpukan sampah itu dari mana. Sehingga pihak swasta bisa langsung masuk ke sumber sampah yang diangkut,” kata dia.

Ia juga menyebut, pihak swasta berkoordinasi dengan pengangkut mandiri, seperti RT RW dan LPM. Pihak ketiga menyiapkan Container Bin dan ditempatkan di dua zona, di titik yang telah disepakati dengan pihak mandiri.

“Jadi silahkan buang ke Container Bin. Jadi nanti sampah yang dibuang langsung ditampung swasta ini,” pungkasnya. []

You May Also Like