MotoGP 2023 Portugal, Bagnaia Finis Pertama, Marc Marquez Penyebab Kecelakaan

ARASYNEWS.COM – Race MotoGP seri perdana pada musim 2023 telah dilangsungkan di sirkuit Algarve, Portimao, Portugal pada Ahad (26/3/2023) pukul 20.00 wib.

Race kali ini dimenangkan juara dunia MotoGP 2022, yakni Fransesco Pecco Bagnaia bersama tunggangan Ducati-nya, Maverick Vinales diurutan kedua, dan diikuti Marco Bezzecchi.

Pecco yang mengawali balapan dari urutan kedua berjalan dengan tidak baik. Ia bersaing dengan pembalap Repsol Honda Marc Marquez, pembalap Ducati Jorge Martin. Ia hanya mampu bertahan tiga besar usai bendera start.

Balapan berlangsung sengit sejak awal. Para pembalap berupaya menampilkan yang terbaik.

Miguel Oliveira tiba-tiba merangsek ke depan dan Marc Marquez turun ke peringkat keempat setelah motornya sempat hampir terjatuh. Namun, dia mampu menjaga jarak agar tidak terlalu tertinggal dengan Oliveira di tempat terdepan.

Bagnaia sukses menebus kesulitannya sejak awal lomba. Dia mengambil alih pimpinan balapan dari Oliveira pada lap kedua. Namun, petaka mendatangi Oliveira setelah itu.

Marc Marquez berusaha merangsek di tikungan ketiga pada lap kedua. Ia memacu dengan tidak tenang kendaraannya. Ia berusaha menerobos ke barisan depan.

Tapi, sayangnya, akibat aksi agresifnya Marquez menabrak pembalap lain. Adalah Miguel Oliveira yang ikut terjatuh akibat tabrakan. Oliveira terlihat tak menyangka dengan apa yang dialaminya. Ia berusaha ditenangkan oleh timnya.

Sementara itu, Marquez tampak meminta maaf kepada fans. Ia terlihat mengangkat tangan dan menyesali akan insiden tersebut.

Imbas dari insiden tersebut, Jorge Martin turun ke peringkat ke-15. Francesco Bagnaia kemudian ditempel oleh Maverick Vinales.

Sementara itu, pembalap Yamaha Fabio Quartararo berusaha memperbaiki posisinya perlahan-lahan. Namun, dia hanya mampu berada di peringkat ke-10 pada lap kesembilan.

Disisi lain, Marco Bezzecchi berada di peringkat ketiga hingga lap kesebelas. Namun, Alex Marquez dan Jack Miller mengincar posisinya untuk meraih podium.

Bagnaia masih tak terbendung hingga lap ke-13. Hanya pembalap Aprilia Maverick Vinales yang bisa mengimbanginya karena Bezzecchi yang ada di tempat ketiga tertinggal 1,7 detik di belakang kedua pembalap terdepan tersebut.

Bagnaia semakin tak terkejar hingga lap-lap terakhir.

Dibarisan belakang lainnya, Jorge Martin gagal finis karena mengalami kecelakaan. Selain itu, pada lap ke-23, Luca Marini juga mengalami crash.

Balapan hanya menyisakan 15 pembalap di lintasan.

Menjelang lap terakhir, Brad Binder mengambil alih posisi keempat dari Alex Marquez. Namun, Marquez membalasnya lagi sebelum finis.

Sementara itu, Johann Zarco kemudian mendahului Brad Binder dan juga mengambil alih tempat keempat.

Hasil Race MotoGP Portugal 2023

1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
2 Maverick ViƱales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
3 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
4 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
5 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
7 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
8 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
9 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
10 Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)

11 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
12 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
13 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
14 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

Gagal finis
Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)

[]

You May Also Like