Air Terjun Sarasah Batimpo, Pemandangan Dengan Air Terjun Berundak-undak

ARASYNEWS.COM – Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memiliki segudang air terjun, salah satu yang menarik dan dapat menjadi tujuan berlibur adalah air terjun Sarasah Batimpo.

Air terjun yang satu ini tidak kalah unik dibanding air terjun lainnya di Sumbar. Hal ini lantaran air yang turun seperti bertangga.

Tak hanya itu, kondisi pemandangan dan suasana alam sekitar wisata alam ini pun terbilang sangat menenangkan dan sejuk. Jadi bukan hal yang aneh apabila objek wisata air terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba.

Bagi anda yang penasaran dengan pesona keindahan Air Terjun Sarasah Batimpo diperlukan keyakinan yang kuat untuk mencapainya. Hal ini karena lokasinya berada di dalam hutan dan cukup jauh untuk dicapai.

Air Terjun Sarasah Batimpo mempunyai tiga tingkatan air terjun. Setiap air terjun mempunyai tinggi yang berbeda-beda. Kita harus bersabar dalam menyusuri ketiga air terjun tersebut karena berjalan di atas bebatuan yang besar dan licin.

Selain menikmati keindahan Air Terjun Sarasah Batimpo, kita juga dapat mencoba track pendakian di sekitarnya dan boleh banget kamu mengadakan kegiatan camping di sana.

Kawasan alam di Air Terjun Sarasah Batimpo masih sangat asri, dan belum tersedia fasilitas pendukung lainnya seperti kamar mandi, musholla, dan warung-warung yang menjajakan makanan atau minuman.

Lokasi Air Terjun Sarasah Batimpo terletak di Desa Laing, Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat. Rute menuju Air Terjun Sarasah Batimpo, dari pusat kota Solok hanya berjarak sekitar 3 kilometer saja. Sesampainya di area parkir Air Terjun Sarasah Batimo kamu harus berjalan kaki sejauh 500 m.

Menyusuri jalan diatas bebatuan yang besar yang dibawahnya mengalir air sungai yang berasal dari aliran Air Terjun Sarasah Batimpo.

Sesampainya kamu di lubuk yang pertama atau sekitar 100 m kamu berjalan, kamu akan menemukan air terjun yang pertama.

Untuk tiket masuk menuju kawasan Air Terjun Sarasah Batimpo ini masih gratis ya, pengelola setempat belum menetapkan besaran tiket masuk, hanya perlu membayar biaya parkirnya saja, yaitu sebesar Rp5.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Sarasah Batimpo

Air Terjun Sarasah Batimpo terletak di tengah-tengah hutan belantara dimana kondisi sekitarnya dipenuhi oleh pepohonan rimbun nan lebat.

Meski demikian, masih banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Sumatera Barat ini demi menikmati keindahan dan pesona alam yang ditawarkannya.

Air Terjun Sarasah Batimpo menyuguhkan keindahan air terjun yang berbeda di setiap tingkatannya. Memiliki bentuk berundak-undak yang membentuk sebuah tingkatan air terjun.

Kondisi kolam yang ada juga tidak terlalu dalam, dan ini dapat dimanfaatkan para pengunjung untuk bermain air maupun mandi.

Tak hanya itu, kegiatan wisata lainnya yang dapat dilakukan di sini adalah camping. Terdapat beberapa spot camp ground yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati waktu merasakan keindahan alam sekitar air terjun.

Kawasan ini dapat dimanfaatkan untuk berlibur sembari menikmati alam. Akan tetapi bagi kita perlu menjaga kelestarian alam di kawasan ini terutama dari sampah. []

You May Also Like